Jumat, 04 Januari 2008

Tenang… Ujian Udah Deket

Orang-orang yang tenang menghadapi dan mengerjakan ujian ternyata membawa hasil yang lebih baik ketimbang mereka yang panik. Masalahnya adalah fokus. Kalo nggak bisa menenangkan diri, giimana bisa fokus? Nah, ni dia… cara-cara menenangkan diri supaya hasil ujian kamu lebih baik. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya….

1.Duduk dengan tegak. Untuk memantapkanposisi ini (biar nggak miring-miring), duduki bantal kecil satu atau dua. Hal ini membuat posisi pinggangmu agak jauh dari kaki (nggak ketekuk) dan menahan tubuhmu supaya nggak jatuh bila mengantuk.

2.Atur posisi dudukmu sehingga kedua kaki menyilang. Pastikan posisi dudukmu santai dan nyaman.

3.Tegakkan dudukmu. Panjangkan tubuhmu seakan-akn kepalamu ingin menyentuh langit. Letakkan tangan di pangkuan dalam posisi terbuka, tangan kanan di bawah tangn kiri. Antara telunjuk dan jempol saling bersentuhan.

4.Pejamkan mata.

5.Bernapaslah pelan-pelan dan tenang dari hidung, katupkan mulut.Bayangkan perjalanan napas mulai dari perut sampe keluar di hidung. Rasakan tiap gerakan napas keluar dan masuknya. Konsentrasikan pikiranmu pada putaran napas. Bernapaslah dengan perlahan, tenang dan bikin dirimu bener-bener santai.

6.Selama proses menenangkan diri ini, beberapa pikiran bakal masuk dalam kepalamu.Kalo kamu tertekan oleh sebuah debat, ujian atau bahkan terlalu seneng dengan sesuatu (atau seseorang), usahakan agar jangan terlalu perasaan itu. Karena pusat pikiran berkisar pada dirimu sendiri, biarkan pikiran-pikiran itu datang, tapi jangan terabawa . Kalo kamu udah mulai terbawa perasaan, kembalikan konsentrasikan kamu ke pernapasan.

7.Lakukan hal ini selama 10-20 menit. Inilah saatnya kamu memanjakan diri. Nggak lama kan?

Langkah-langkah penenangan diri di atas sebenarnya adalah meditasi tingkat dasar yang sekarang ini sedang mewabah di masyrakat dunia. Kita bisa bermeditasi dimana saja dan kapan saja, tapi waktu yang tepat sebenernya adalah di pagi hari atau sebelum tidur malem. Ketika udara sedang segar-segarnya dan suasana masih sepi-sepinya. Untuk membantu kamu konsentrasi, kamu bisa menyalakan dupa wangi sebagai aromaterapi.

Tidak ada komentar: