Sabtu, 22 Desember 2007

Mana Semangatnya?

Merasa gak semangat atau bosan? Itu wajar kok. Tapi membiarkan diri larut dalam kebosanan, Cuma bikin nilai ujian kita ‘tiarap’! cobain deh, beberapa tips praktis dibawah ini. Biar kamu tetep semangat belajar.

1. Hmm… wangii!
Menjelang tengah hari, perut keroncongan, seisi kelas beraroma keringat dan bau matahari. Uh… jadi males belajar, deh!
Coba: semprotkan sedikit parfum atau body spray yang segar. Bukan Cuma kita yang bakal jadi semangat, tapi teman-teman yang duduk di bangku terdekat, termasuk gebetan yang kebetulan berpapasan dengan kita. Ssst… tapi jangan kebanyakan, ya… Bukannya jadi segar, tapi seisi kelas jadi pusing karena wanginya.

2. ngemil dulu, ah…
Kadang kita merasa lemas dan ngantuk karwena kadar gula tubuh kita rendah. Akhirnya, pun kita jadi sulut berkonsentrasi pada pelajaran, malah bisa jadi ketiduran di kelas. Dapet omelan dari guru, dech!
Coba: ngemil!! Sebutir permen atau sepotong biskuit, bisa jadi penyelamat di saat kritis seperti ini. Karena gula dalam cemilan itu tadi bisa menstabilkan gula darah dan menghilangkan rasa ngantuk. Tapi inget… jangan berisik saat membuka bungkusnya, apalagi berisik dan memekannya dengan super lahap di dalam kelas.

3. Pamer, donk…
Gimana bisa belajar di sekolah, kalau suasananya suram, tanpa warna-warni. Bosen, deh…!!
Coba: variasikan perlengkapan sekolah kita. Jika biasanya buku kamu bersampul coklat, ganti deh, dengan kertas kado yang warna-warni. Atau ganti dengan poster idola kita. Lengkapi juga alat tulis kita seperti spidol, stabilo, dan bolpoint yang warna-warni. Saat kita mencatat, gunakan alat tulis warna-warni itu. Menurut panalitian, bisa lebih konsentrasi dan mudah mengingat pelajaran. Selain itu, kalau gebetan mau pinjam buku catatan kita, bisa sekalian pamer.

4. ayo bergarak!
Banyak banget kesibukan yang bikin kita jarang berolahraga. Jadi badan juga terasa kaku karena kurang bergerak, jadi malah males belajar deh!
Coba: sretching saat bangun tidur. Cukup 5 menit aja. Hela napas dalam-dalam dan meluruskan sendi-sendi kita. Di sekolah, sekedar mampir ke toilet, membungkukkan badan, meluruskan kaki dan tangan, bisa membantu mengalirkan kembali oksigen ke otak. Kembali semangat dalam sekejap.

5. gebetan penyemangat
Gak usah sirik sama pasangan satu sekolah yang bisa saling memberi semangat belajar!
Coba: cari gebetan di sekolah! Syaratnya selain cakep, dia juga wajib berotak encer dan berprestasi. Bukan Cuma jantung yang terpacu, senyum yang terpancing dan hati yang berbunga saat berdekatan dengan si dia, bikin kita juga jadi bersemangat tuh, untuk ikut mencetak prestasi dan mengejar nilai. Siapa tahu gebetan akhirnya ‘melirik’!

2 komentar:

RONNY NUGROHO mengatakan...

lam kenalll...

waahhh masa bisa begitu yaaa....
berat tuh ngejalaninya.!!!

1. Hmm… wangii!
-- biasanya sih kita cuek aja ... toh yg nyium bau kita kan orang lain, idung kita sendiri udah kebal ma bau badan kita ...

2. ngemil dulu, ah…
-- klo ini sih setujuuuuu, cuman mana boleh ngemil dikelas ... klo ketauan bisa berabe ....

3. Pamer, donk…
-- apa yg mo dipamerin .... tulisanku jelek ... amburadul

4. ayo bergarak!
-- malas ahhhh ... klo udah ngantuk ya maunya tiduuuurrrrr

5. gebetan penyemangat
-- nah klo ini yg paling susah ... soalnya waktu udah habis u/ SMS sihhh he he he ....

but, btw ...
saran kamu baik juga kok ...
thanks ...
Ronny

Vonkz Skipper mengatakan...

:-)